MAKALAH PATOLOGI SOSIAL 2

KELAS A

 

 

“ P A T A L O G I   S O S I A L ”

 

 

 

 

 

OLEH :

 

W A H A S A N I

MPM : 110010024

 

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

( U M B )

2 0 1 1

 


BAB III

EVOLUSI BIOLOGI UMAT MANUSIA

 

  1. Menggali Sejarah Fosil

Fosil adalah setiap jejak atau cetakan organisasi dari zaman biologi yang telah lampau yang tersimpan dalam bumi yang meliputi bagian-bagian keras suatu organisasi, tulang, gigi, kulit keras, tanduk dan serat kayu tumbuh-tumbuhan adalah bahan-bahan yang paling lazim menjadi fosil.

Para ahli paleontologi menggunakan teknik geologi utnuk menentukan umur penemuan fosil. Penemuan fosil meliputi penggalian dan juga pembersihan serta pemeliharaannya dilaboratorium dengan menggunakan alat-alat bahan kimia khusus.

  1. Fosil Primat
  2. Evolusi mamalia dan asal mula primat.
  1. Evolusi Marga Hormon
  2. Homo Erectus

Homo erectus adalah keturunan langsung dari anggota marga homo yang paling prba seperti yang ditemukan di afrika timur dan jawa antara kiri-kira 1,5 juta dan 400 ribu tahun yang lalu, populasi.

Ada 3 macam homo erectus yaitu :

  • Homo erectus dari jawa
  • Homo erectus dari cina
  • Homo erectus di afrika dan Eropa
  1. Homo Sapiens

Homo Sapiens “Purba” adalah nama yang diberikan kepada anggota jenis yang hidup sebelum kira-kira 35 ribu tahun yang lalu di dalamnya termaksud manusia Neadherthal yaitu keturunan homo erectus yang hidup di Eropa dan Timur Tengah.

  1. Manusia Paletikum Muda : Manusia Modern Yang Pertama.

Asal dan penyebaran zaman Paletikum muda adalah salah satu misteri ilmu Paletikum.

         

 

  1. Keanekaragaman Manusia
  2. Makna Ras

Para ahli antropologi berusaha meneliti sifat politis jenis manusia dengan secara sistematis menglasifikasikan homo sapiens menjadi sub jenis atau ras, atau dasar lokasi geografis dan ciri-cirinya yang fenotis, seperti warna kulit, besarnya tubuh, bentuk kepala dan lebatnya rambut.

  1. Ras sebagai konsep biologis

Ras biologis adalah populasi dari sebuah jenis yang berbeda dengan populasi lain dari jenis yang sama.

  1. Konsep ras manusia

Para ahli antropologi fisik telah memastikan bahwa banyak farina fisik manusia tampaknya berhubungan dengan adaptasi kepada iklim.

  1. Arti Sosial Ras

Fakta ilmiah agaknya tidak mengubah pikiran orang tentang ras dapat dipandang melalui sebagai suatu masalah sosial meskipun kadang-kadang digunakan oleh para ahli politik sebagai senjata yang seolah-olah ilmiah ini.

  1. Ras dan perilaku
  2. Ras dan Intelegensi

BAB IV

EVOLUSI KULTURAL UMAT MANUSIA

 

  1. Metode-metode Arkeologi

Arkeologi adalah cabang ilmu antropologi yang paling banyak berkecimpung dalam studi tentang masa lampau.

  1. Metode Mencari Data

Ada dua tipe metode untuk menentukan unsur-unsur penginggalan arkeologi (fosil-fosil). Penentuan umur secara relativen, menentukan umur objek dalam hubungannya yang satu dengan yang lain dan meliputi metode stratigrafis, yang didasarkan pada letak artifak atau fosil yang berhubungan bermacam-macam lapisasn endapan tanah.

  1. Menentukan Umur Masa Lampau

Metode yang dapat dipercaya untuk menetukan umur obyek dan kejadian-kejadian adalah kalau perlu ahli arkologi ingin mengetahui urutan kejadian dalam situasi yang sedang dipelajari. Maka mereka harus mengendalikan dua cara penentuan umur. Metode penentuan umur secara relative dan yang mutlak.

 

  1. Kebudayaan Manusia Purba

Kebudayaan manusia purba muncul dan berkembang bersamaan waktunya dengan mulainya beberapa populasi hominida purba membuat peralatan dari batu keperluan membunuh binatan guna mengambil dagingnya.

Kedudukan manusia purba dapat dikelompokan dalam dua bagian :

  1. Kebudayaan umat manusia berkembang pada zaman batu tua selama zaman Pleolitikum zaman batu tua, kebudayaan semakin penitng sebagai saran bagi manusia hutmo mempertahankan hidupnya dan dimungkinkan oleh efolusi otak manusia yang menjadi semakin baik.
  2. Kebudayaan umat manusia pada zaman modern. Meskipun dalam 100.000 tahun terakhir otak manusia tidak bertambah besar, kebudayaan tetap berkembang dan berubah sampai zaman sekaran pada bagian akhri zaman Parositikum.
  1. Budidaya Tumbuh-tumbuhan Dan Binatang
  2. Bukti adanya pembudidayaan tumbuh-tumbuhan pada zaman purba.

Seorang ahli Paleobatam sering kali dapat membedakan fosil dari jenis tumbuh-tumbuhan liat dari yang telah di budidayakan dengan jalan meneliti kulit dan tangkai tempat benih tumbuh-tumbuhan yang bersangkutan.

  1. Bukti adanya pembudidayaan binatang pada manusia purba

Pembudidayaan juga menimbulkan perubahan pada kerangka beberapa binatang, misalnya tanduk kambing dan biri-biri di situ berbeda dengan tanduk kambing dan biri-biri jantan yang telah dijinakkan (biri-biri betina yang dijinakkan tidak mempunyai tanduk).

  1. Lahirnya Kota-Kota Besar
  2. Lahirnya kota-kota besar pertama di dunia

Kota besar pemukiman perkotaan dengan pusat-pusat yang jelas, jumlah penduduk yang besar, padat, dan beraneka ragam. Baik di lihat dari sudut ekonomi maupun sosial merupakan ciri peradaban yang mula-mula berkembang di area lembah sungai nil dan indus.

  1. Perubahan kebudayaan yang menyertai kota besar.

Perubahan kebudayaan yang mendasar, menandai pergantian dari kehidupan pedesaan zaman Neolitikum kepusat-pusat peradaban perkotaan ketempat perubahan tersebut ialah melestari pertanian, disertifikasi pekerjaan, karena lebih banyak bebas dari kewajiban memproduksi pangan, sehingga secara penuh dapat mengejar keahlian-keahlian tersebut.

KESIMPULAN

Evolusi mempunyai arti perubahan atau perkembangan secara berangsur-angsur dalam waktu yang sama.

Arkeologi adalah cabang ilmu antropologi yang berkecimpung dalam studi tentang masa lampau manusia.

Adapun metode-metode arkeologi dalam pencarian data yaitu :

  1. Lokasi situs
  2. Menggali stus
  3. Kadar kelestarian bukti arkeologi
  4. Seleksi bukti.

silahkan download disini DOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di makalah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s