MAKALAH UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MELESTARIKAN PANCASILA

TUGAS MAKALAH

 

UPAYA-UPAYA YANG DILAKUKAN

UNTUK MELESTARIKAN PANCASILA

 

 

 

DISUSUN OLEH

 

  1. RUSMIATI

NIM :

  1. SUSIATI

NIM

 

 

 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TERBUKA

2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT bahwa penulis telah menyelesaikan tugas makalah pendidikan Pancasila dengan membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan untuk melestarikan Pancasila dalam bentuk makalah.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi, namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih.

Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Baubau, 26 Oktober 2011

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………………………. i
  2. KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………. ii
  3. DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………….. iii

BAB I.       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………………. 1
  2. Rumusan Masalah ……………………………………………………………… 2
  3. Tujuan Penulisan ……………………………………………………………….. 3

BAB II.      PEMBAHASAN

  1. Upaya-Upaya yang Dilakukan Untuk                               Melestarikan Pancasila
  2. Jalur Yang Dilakukan Untuk Melestarikan Pancasila …………..

BAB III.     PENUTUP

  1. Kesimpulan …………………………………………………………………………..
  2. Saran …………………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………

BAB 1

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

Adapun untuk melestarikan Pancasila, ada 3 jalur penting yang harus kita lakukan yaitu :

  1. Jalur Pendidikan

Dalam melestarikan Pancasila maka peranan pendidikan sangat penting baik pendidikan di sekolah (formal) maupun di luar sekolah (non formal) yang terletak di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

  1. Jalur Media Massa

Walaupun jalur media massa dapat pula digolongkan sebagai salah satu jalur aspek pendidikan dalam arti luas, peran media massa sedemikian pentingnya mendapat penonjolannya sebagai jalur tersendiri. Dalam hubungannya dengan ini ditekankan pula pentingnya media tradisional seperti pewayangan dan bantuk-bantuk seni rakyat lainnya.

  1. Jalur Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Perangkat Sosial

Sesuai dengan tekad untuk menjunjung tinggi Demokrasi dan menegakkan kehidupan konstitusional, maka kiranya anggota maupun kader-kader politik, serta organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, lembaga keagamaan, lembaga kebudayaan, dan dunia usaha hendaklah berusaha sekuat tenaga dalam melaksanakan Pancasila itu lestari di Republik Indonesia.

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian dalam latar belakang, maka penulis merumuskan masalah-masalah yaitu :

  1. Bagaimana cara melestarikan Pancasila melalui pendidikan ?
  2. Bagaimana cara melestarikan Pancasila melalui media massa ?
  3. Bagaimana cara melestarikan Pancasila melalui Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Perangkat Sosial ?
  1. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan adalah agar kita dapat melestarikan Pancasila sesuai nilai-nilai Pancasila. Agar bisa menjadi tauladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Upaya-Upaya yang Dilakukan untuk Melestarikan Pancasila

Dalam upaya untuk melestarikan Pancasila kita harus melihat apa yang terkandung di dalam sila Pancasila tersebut.

  1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk dan beribadah sesuai dengan iman dan agama masing-masing. Negara harus memberantas praktek-praktek keagamaan yang tidak baik yang mengganggu kerukunan hidup bermasyarakat. Negara wajib memberi peluang kepada tiap-tiap agama untuk berdakwa, mendirikan tempat ibadah, ekonomi dan budaya.

  1. Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Negara harus memperlakukan setiap orang sebagai manusia, menjamin dan menegakkan hak-hak dan kewajiban asasi. Negara menjamin semua warga negara secara adilk dengan membuat Undang-Undang dengan tepat dan melaksanakannya dengan baik, negara harus ikut bekerjasama dengan bangsa dan negara lain demi membangun dunia ke arah yang lebih baik.

  1. Sila Persatuan Indonesia

Negara harus menunjung tinggi atas Bhineka Tungga Ika menolak paham primordialisme, memperjuangkan kepentingan Nasional. Bangga sebagai bangsa Indonesia, menentang kolonialisme, sebaliknya menjalin hubungan baik antar bangsa.

  1. Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan

Mengakui dn menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, meningkatkan partisipasinya dalam proses pembangunan, mendengar dan memperjuangkan aspirasi rakyat. Menghormati perbedaan pendapat, menjamin kebebasan berserikat dan berkumpul.

  1. Sila Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Negara harus memberikan keadilan kepada seluruh rakyat, dan tidak membeda-bedakan antara kaya dan miskin.

  1. Jalur Yang Dilakukan Untuk Melestarikan Pancasila
  1. Jalur Pendidikan

Dalam melaksanakan Pancasila, maka peranan pendidikan sangat penting, baik pendidikan di sekolah (formal) maupun pendidikan di luar sekolah (non formal) yang terletak di dalam keluarga dan lingkungan masyarakat.

  1. Jalur Media Massa

Walaupun pola pelaksanaan Pancasila melalui jalur media massa dapat pula digolongkan sebagai salah satu jalur aspek pendidikan dalam arti luas, namun peran media massa sedemikian pentingnya sehingga perlu mendapat penonjolan sebagai jalur tersendiri. Dalam hubungannya dengan ini, ditekankan pula pentingnya media tradisional seperti pewayangan serta bentuk-bentuk seni rakyat lainnya. Disamping media moderen spt4 perusahaan, radio, televisi dan internet. Dalam menggunakan komunikasi moderen ini perlu dijaga agar terhindar dari siaran yang tidak menguntungkan bagi pelaksanaan Pancasila.

BAB III

PENUTUP

 

  1. Kesimpulan

Untuk kelestarian Pancasila itu perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur di dalamnya. Oleh sebab itu setiap warga Negara Indonesia, penyelenggara, serta lembaga kenegaraan, dan lembaga kemasyarakatan baik di pusat maupun di daerah harus sama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi lelestariannya. Oleh karena itu, sebagai upaya nyata demi kelestarian Pancasila perlu ditanamkan dan perlu ada pemahaman kepada generasi penerus bangsa salah satunya lewat “Pendidikan Pancasila”.

  1. Saran

Sebagai warga negara Indonesia kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila agar Pancasila tetap lestari dikehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

DAFTAR PUSTAKA

 

  • bigfourmpro.com.
  • Gunadarma.ac.id/docmadul/….
  • blogspot.com/2011/07f….
  • wordpress.com/20/07/04…..
  • w.w.scribol.com/doc/60245083/15/pancasila

silahkan download disini DOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di makalah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s