Makalah keberadaan bahasa indonesia ilmiah

BAB I
PENDAHULUAN

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sudah terbentuk kurang lebih satu abad. Peristiwa Sumpah Pemuda-lah yang menjadi pencetus lahirnya bahasa Indonesia. Kala itu, pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda bersepakat menobatkan bahasa Melayu Tinggi sebagai Bahasa Indonesia. Dari sini kita tahu bahwa bahasa nasional kita telah ada sebelum munculnya proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Perlu kita ketahui, Bahasa Indonesia memiliki berbagai macam ragam. Mulai dari ragam bahasa jurnalis yang digunakan berbagai alat media. Ragam bahasa sastra pun tak luput menjadi makanan keseharian bagi para sastrawan dan budawayan. Sampai ragam bahasa ilmiah yang sangat dibutuhkan bagi para akademisi dan para penggelut berbagai disiplin ilmu pengetahuan dalam penulisan karya ilmiah mereka. Setiap ragam bahasa bahasa memilki ciri khas gaya bahasa masing-masing. Kami disini akan sedikit mengupas tentang ragam bahasa ilmiah.

Dalam mencermati aspek kebahasaan, terutama pada ragam bahasa ilmiah, seorang penulis akan dihadapkan pada berbagai masalah. Seperti masalah ketepatan ejaan,asas, kualiatas ,efektivitas dan jadwal, bukan asas kwalitas, efektifitas, jadual ,atau ketepatan tanda baca. Sebagaimana telah diketahui, karya ilmiah berhubungan terutama dengan bahasa tulis merupakan hasil olah pikir yang memerlukan kecerdasan dan kecermatan. Kecerdasan dan kecermatan berpikir itu hendaknya juga tercermin dalam pemakaian bahasanya.

Bahasa merupakan kunci untuk membuka khazanah pengetahuan..Hanya dengan bahasa-lah kita dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Walaupun bahasa Indonesia sudah berperan sebagaimu alat persatuan tetapi belum belum dapat berperan sebagai pengantar ilmu pengetahuan. Hal tersebut mengharuskan kita menerjemahkan semua buku ilmu pengetahuan di dunia ini ke dalam bahasa Indonesaia. Dengan adanya informasi ilmiah dalam bahasa Indonesia tersebut, pasti akan ada kemajuan di bidang ilmu pengetahuan yang berarti meningkatkan mutu bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah. Bahasa dipakai sebagai alat mengungkap gagasan dan pikiran. Dengan begitu, bahasa adalah alat komunikasi sekaligus alat untuk memahami isi dari komunikasi itu sendiri. Komunikasi antar- orang, termasuk komunikasi ilmuan terhadap fenomena alam dan fenomena kebudayaan.

Untuk mendapatkan makalah lengkapnya silahkan download disini

password :burangasitamaymo.wordpress.com

lw_3

Pos ini dipublikasikan di makalah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s