Makalah pemikiran dan praktik politik dalam islam

BAB I
PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, karangan W.J.S. Poerwadarminta, politik diartikan sebagai pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan, seperti tata cara pemerintahan dan sebagainya; dan dapat segala urusan dan tindakan (kebijaksanaan), siasat dan sebagainya mengenai pemerintahan sesuatu negara atau terhadap negara lain.

Sebagai sesuatu sistem, politik adalah suatu konsepsi yang berisikan antara lain ketentuan-ketentuan tentang siapa sumber negara; siapa pelaksana keuasaan tersebut; apa dasar dan bagaimana cara untuk menentukan serta kepada siapa kewenangan melaksanakan kekuasaan itu bertanggung jawab dan bagaimana bentuk tanggung jawab.

Pemikiran Al-Ghazali yang cukup signifikan dalam masalah politik adalah kupasnya tentang kepala negara dan politik amar ma’ruf nahi munkar. Sedangkan Ibnu Taimiyah memiliki teori politik tentang negara lebih realitis dibandingkan dengan Ghazali yang beerfikir filosofis. Mendirikan negara, bagi Ibnu Taimiyah merupakan tugas suci keagamaan, dan salah satu perangkat untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 

1.2. Rumusan Masalah

Dari uraian Latar belakang diatas maka dapat disimpulkan bahwa rumusan masalah tersebut adalah “Bagaimna Pemikiran Politik dalam Islam?”

 

Untuk mendapatkan makalah lengkapnya silahkan download disini

password :burangasitamaymo.wordpress.com

lw_3

Iklan
Pos ini dipublikasikan di makalah dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s