Makalah Peran Pemerintah Terhadap Pembangunan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Berdasarkan Human Development Report yang dilakukan oleh United Nations Development Program pada tahun 1995, lebih dari tiga perempat penduduk dunia tinggal di negara-negara berkembang, namun mereka semua hanya menikmati 16% dari total pendapatan dunia-sedangkan 20% penduduk di berbagai negara terkaya menikmati hampir 85% dari seluruh pendapat global. Jurang kesenjangan yang terbuka lebar antara negara-negara maju dan negara-negara berkembang adalah sebuah realita yang tidak dapat kita semua pungkiri lagi. Negara-negara berkembang yang biasa dikenal dengan negara-negara Dunia Ketiga membutuhkan pembangunan hampir di segala bidang agar bisa mencapai taraf kehidupan yang sama dengan negara-negara maju, atau meskipun tidak bisa sejajar dengan taraf kesejahteraan di negara-negara maju, setidaknya rakyat di negara-negara berkembang berhak memiliki taraf hidup yang lebih baik daripada keadaan sebagian besar negara-negara berkembang yang kurang sejahtera seperti saat ini. Pertanyaannya sekarang adalah  apakah negara-negara dunia ketiga ini bisa berkembang dan maju atau tidak, jika ya bagaimana caranya?

Melalui makalah ini saya sebagai penulis akan mengkaji mengenai pembangunan negara, khususnya negara berkembang melalui perspektif peran negara dalam pembangunan menuju kesejahteraan rakyat yang dalam hal ini dipegang oleh kepala negara serta lembaga-lembaga negara dan aparatur pemerintahan di negara tersebut.

Tujuan Negara adalah untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial sebagaimana tertuang dalam pembukaan dan penjelasan UUD 1945. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Indonesia merupakan suatu Negara yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, membentuk suatu masyarakat adil dan makmur. Pemerintahan beserta seluruh aparaturnya memiliki peran dan tanggung jawab terhadap pembangunan negara karena pembangunan merupakan jembatan menuju kesejahteraan rakyat dan di dalam sebuah tatanan negara terkandung lembaga-lembaga negara beserta aparatur negara yang dapat melaksanakan pembangunan untuk seluruh rakyat dan akhirnya mewujudkan tujuan negara itu sendiri, yaitu kesejahteraan umum. Pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat memiliki makna yang sangat luas. Pembangunan dapat dimaknai dari berbagai sisi dan perspektif, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya, politik dan hal lain yang menyangkut hak serta kebebasan rakyat dalam suatu negara atau pemerintahan.

Berdasarkan pentingnya kedudukan dan peran negara dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa, maka penting pula bagi kita untuk mengetahui seberapa besar peran tersebut dalam pembangunan dan kaitan peran negara tersebut terhadap usaha pencapaian kesejahteraan rakyat.

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, dalam makalah ini saya akan memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan peran negara dalam pembangunan, termasuk di dalamnya peran lembaga-lembaga negara beserta aparatur pemerintahan yang memiliki peran dalam pembangunan sebagai proses mewujudkan kesejahteraan rakyat.

 

C.     Tujuan

Melalui penulisan makalah ini tujuan yang ingin dicapai cukup sederhana, yaitu agar pembaca mengetahui secara jelas mengenai peran negara dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan negara berupa perwujudan kesejahteraan rakyat. Dengan membaca makalah ini diharapkan para pembaca dapat menyerap informasi yang akan saya paparkan didalam makalah ini dan menjadi bertambah pengetahuannya mengenai kaitan antara negara dan pembangunan.

Untuk mendapatkan makalah lengkapnya silahkan download disini

password :burangasitamaymo.wordpress.com

lw_3

Iklan
Pos ini dipublikasikan di makalah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s